Advertisements
ciri ciri hamil muda

Kehamilan sering kali identik dengan berhentinya menstruasi. Padahal, ada ciri ciri hamil muda sebelum telat haid yang perlu diketahui, lho!

Sekadar me-rewind kenangan saat hamil dulu, sebelum tahu bahwa saya hamil, saya sering mengeluhkan beberapa hal pada suami. Salah satunya adalah kondisi tubuh yang cepat sekali merasa lelah dan mengantuk, termasuk kondisi ukuran payudara yang terasa lebih besar. Ketika itu saya belum mengatahui ciri ciri hamil muda sebelum telat haid.

Faktanya, sampai saat ini memang masih banyak perempuan yang belum memahami apa saja yang menjadi ciri-ciri hamil muda sebelum telat haid.

Belum lama ini salah satu sepupu saya sempat bertanya, adakah ciri ciri hamil muda sebelum telat haid?

Penjelasan dokter mengenai ciri ciri hamil muda sebelum telat haid

dr.Bobtriyan Tanamas menjelaskan bagaimana cara mendeteksi kehamilan dini dan apa saja yang perlu dilakukan.

Ia pun menjelaskan apa yang dimaksud dengan kehamilan dini. “Sebenarnya setiap orang memang memiliki persepsi yang berbeda terkait dengan kehamilan dini.”

“Tapi saya akan mencoba untuk menjelaskan secara umum lebih dulu. Dari fase kehamilan 9 bulan nanti akan dibagi menjadi 3 trimester, trimester pertama, kedua dan ketiga.”

“Nah, kehamilan dini bisa dideteksi saat usia kehamilan masih di bawah 16 sampai 20 minggu, karena pada usia ini janin mulai tumbuh, detak janin sedang bertumbuh.”

Ia pun melanjutkan untuk mengetahui ciri ciri hamil muda sebelum telat haid bisa dilihat dari beberapa kondisi.

“Sebenarnya ada beberapa ciri yang bisa dilihat, misalnya seperti sakit kepala, mual dan muntah. Dari segi klinis, kalau mau lebih spesifik lagi, bisa dilihat dari kondisi sering buang air kecil atau sering sembelit.”

Hal ini dikarenakan di dalam tubuh ada janin yang tengah tumbuh sehingga ada tekanan di kandung kemih. Kondisi sembelit ini juga disebabkan karena adanya perubahan hormon yang menyertai tanda-tanda kehamilan, hormon ini membuat kerja sistem pencernaan melambat dan berujung pada kondisi sembelit.

Ciri kehamilan ini tentu saja perlu diketahui oleh semua pasangan suami istri untuk mempersiapkan rahim sehat, dan tentu saja untuk mencegah pertumbuhan janin tidak sempurna.

Tanda awal kehamilan yang perlu diketahui

Saya pun sempat membaca sebuah artikel dari Net Doctor yang menyebutkan beberapa ciri awal kehamilan.

1. Perubahan bentuk payudara

Salah satu tanda awal kehamilan adalah perubahan payudara yang tumbuh lebih besar, dan terasa lembut. Di area di sekitar puting (areolae) pun biasanya akan mulai menggelap.

Hal ini disebabkan kadar hormon perempuan yang berubah dengan cepat setelah pembuahan, menyebabkan kelenjar di dalam payudara tumbuh dan bersiap untuk produksi ASI dan menyusui setelah bayi lahir.

2. Mudah merasa lelah

Ciri lainnya adalah, kondisi yang mudah merasa sangat lelah luar biasa. Kondisi ini pun ternyata terkait dengan perubahan hormonal, terutama peningkatan hormon progesteron, meskipun faktor lain seperti tekanan darah rendah dan penurunan kadar gula dalam darah juga bisa menjadi hal yang memengaruhi.

Oleh karena itu, di awal kehamilan banyak bumil yang disarankan untuk istirahat, termasuk tidur siang di siang hari. Dan tentunya penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein dan zat besi.

3. Sakit kepala

Di awal kehamilan, ternyata banyak ibu hamil yang mengatakan bahwa sering kali merasa sakit kepala ringan. Ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor termasuk morning sickness, kelelahan, kelaparan, perubahan hormon, tekanan darah rendah dan bahkan suasana hati rendah atau depresi.

Cobalah untuk makan secara teratur dalam jumlah kecil, istirahat dan tidur sebanyak yang dibutuhkan dan minum cukup cairan sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi.

4. Flek dan kram

Saat awal kehamilan, seorang ibu bisa saja merasakan perasaan aneh, merasakan kram layaknya saat awal  menstruasi. Ini bisa menjadi salah satu salah satu tanda awal kehamilan. Dikenal sebagai pendarahan implantasi yang terjadi di mana saja dari 6 hingga 12 hari setelah sel telur dibuahi.

Biasanya kondisi flek dan kram yang akan dirasakan masih bisa ditoleransi karena sifatnya tidak ‘berat’. Jika kondisinya terasa lebih berat khususnya di awal kehamilan, tak ada salahnya untuk memeriksakan pada dokter kandungan.

Artikel terkait: Flek saat hamil, membedakan yang normal dan perlu diwaspadai

5. Mood swing

Ya, kondisi suasana hati yang mudah berubah memang menjadi salah satu ciri yang sangat umum. Dalam waktu yang relatif singkat, ibu hamil bisa merasakan perubahan hati dari senang menjadi sedih dan mudah menangis.

Kondisi ini sering terjadi sejak awal kehamilan, ini terkait dengan perubahan hormon yang sangat cepat dan biasanya menetap saat kehamilan berlangsung.

Oleh karena itu, pastikan pasangan juga menyadari kondisi ini, tentu saja perubahan hati yang begitu cepat karena perubahan hormon ini tidak bisa disalahkan!

***

Manakah ciri ciri hamil sebelum telat haid yang pernah Bunda alami?

Hubungi Klinik Aborsi kami untuk info lebih lanjut.

Sumber : https://id.theasianparent.com/ciri-ciri-hamil-muda-sebelum-telat-haid

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *